Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Jasa Kontraktor Kolam Renang Jakarta

Jasa Kontraktor Kolam Renang Jakarta

Jasa Kontraktor Kolam Renang Jakarta: Solusi Untuk Wujudkan Kolam Renang Impian

Jasa kontraktor kolam renang Jakarta merupakan layanan yang menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin membuat kolam renang baik untuk kepentingan pribadi maupun komersial.  Kolam renang atau swimming pool menjadi salah satu fitur penting untuk bangunan masa kini sebagai fasilitas untuk berolahraga maupun hiburan.

Jenis Kolam Berdasarkan Lokasi

Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk membangun swimming pool, perlu diketahui bahwa kolam renang terdiri dari berbagai macam jenis. Pengelompokkan jenis tersebut dapat didasarkan pada

Jenis Kolam Renang Berdasarkan Lokasinya

  • Kolam Renang Indoor

Sesuai dengan namanya, kolam indoor dibangun di dalam rumah atau bangunan. Tujuan utama dari pembuatan kolam tersebut biasanya untuk memberikan kemudahan bagi pemilik rumah agar dapat melakukan kegiatan berenang kapan saja. Keunggulan dari pembuatan kolam renang indoor adalah memungkinkan kegiatan berenang dapat dilakukan kapan saja misalnya saat panas terik atau hujan. Jadi aktivitas berenang dapat dilakukan kapan saja, termasuk berenang di malam hari. 

  • Kolam Renang Outdoor

Jenis kolam renang ini dibangun di area outdoor atau di luar ruangan. Biasanya kolam tersebut dibuat dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kolam indoor dan ditambah dengan aksesoris taman di pinggir kolam seperti kursi malas, lampu, payung, dan aksesoris lainnya untuk mempercantik kolam renang.

Kebanyakan orang lebih senang membangun kolam outdoor karena biaya yang diperlukan untuk membuatnya lebih sedikit  dibandingkan kolam indoor. Baik kolam indoor maupun outdoor sebenarnya adalah kolam dengan fungsi yang sama.

Jenis Kolam Renang

Kolam renang saat ini dapat dibuat dengan berbagai macam bentuk dengan daya tarik masing-masing. Berikut ini adalah jenis-jenis kolam renang berdasarkan bentuknya

  • Lap Pool

Lap pool merupakan kolam renang yang dibuat dengan desain yang sempit dan memanjang. Biasanya jenis kolam ini dibuat khusus untuk kepentingan olahraga dan untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan. Desain kolam yang menyempit dan memanjang memungkinkan pemiliknya untuk melakukan olahraga secara lebih intensif. Biasanya kolam renang jenis lap pool juga dilengkapi arus dengan bantuan mesin. Kehadiran arus tersebut dapat menambah kenyamanan pengguna kolam karena juga dapat difungsikan untuk tempat bersantai.

  • Competition Pool

Kolam renang ini dibuat secara khusus untuk kompetisi atau lomba renang. Desain kolam tersebut mengikuti standar nasional atau internasional, khususnya dari segi ukuran dan spesifikasi.  Kolam tersebut biasanya hanya digunakan saat acara-acara tertentu.

  • Exercise Pool

Sesuai dengan namanya, kolam yang satu ini digunakan untuk berlatih renang. Exercise pool memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kolam biasa dan dilengkapi dengan sistem penggerak untuk menimbulkan arus. Adanya arus di kolam tersebut memungkinkan perenang tetap di tempatnya.

  • Public Pool

Kolam renang ini dibuat untuk kepentingan umum atau tujuan komersial seperti fasilitas hotel atau tempat wisata. Public pool digunakan sebagai tempat berenang bersama yang digunakan untuk beberapa orang sekaligus. Jadi, kolam ini biasanya dibuat dengan ukuran yang besar.

  • Private Pool

Jenis kolam ini dapat digunakan untuk kolam pribadi yang digunakan oleh pemilik rumah bersama keluarga sehingga ukurannya lebih kecil dibandingkan kolam renang publik. Hal ini karena faktor efisiensi dan frekuensi pemakaiannya juga tidak sebanyak public pool. Bagi Anda yang ingin membangun kolam renang pribadi di rumah, maka jenis kolam private dapat menjadi pilihan yang tepat.

  • Play Pool

Kolam renang ini dibuat dengan ketinggian air yang tidak terlalu dalam karena ditujukan untuk anak-anak. Karena dibuat untuk anak, kolam tersebut biasanya didesain dengan warna yang cukup mencolok  dan menarik untuk mewakili perasaan anak-anak yang menunjukkan keceriaan. Play pool biasanya dilengkapi dengan beberapa fasilitas tambahan di sekitarnya yang dapat dimanfaatkan oleh orangtua untuk mengawasi anak-anaknya yang sedang beraktivitas di kolam.

  • Kolam Free Form

Kolam renang tipe free form adalah kolam jenis bebas dan memiliki bentuk yang tidak beraturan. Desain kolam yang dibuat bebas dapat memberikan kesan yang lebih natural dan dekat dengan alam. Walaupun memiliki bentuk yang tidak beraturan, kolam renang ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kolam renang pada umumnya. Anda dapat mendesain kolam mini sesuai dengan keinginan atau Anda dapat meminta bantuan dari jasa kontraktor kolam renang Jakarta.  Selain untuk kolam renang pribadi, kolam free form juga sering dijumpai di waterpark sebagai kolam tambahan atau kolam hiburan. 

  • Kolam Geometris

Ini adalah kebalikan dari kolam free form. Dengan bentuk geometris yang memiliki garis tegas, kolam ini mampu memberikan kesan formal. Bentuk kolam renang ini cukup jarang diterapkan di rumah. Kolam renang geometris juga sering disebut dengan kolam renang formal. Jenis kolam ini tidak memerlukan aksesoris untuk menghias sekelilingnya.

Setelah mengetahui jenis kolam renang berdasarkan bentuknya, kolam renang juga memiliki sistem sirkulasi yang beragam dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini penting diketahui sebelum Anda membuat kolam renang, khususnya untuk kepentingan bisnis karena dapat berpengaruh terhadap biaya operasional dan perawatan kolam tersebut. 

Jenis Kolam Renang Berdasarkan Sistem Sirkulasinya

Meskipun kolam renang memiliki tampilan yang sekilas sama, namun  kolam renang ternyata memiliki sistem sirkulasi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis kolam renang berdasarkan jenis sistem sirkulasinya.

  1. Sistem Sirkulasi Over Flow

Ini merupakan sistem sirkulasi kolam renang dengan air kolam yang mengalir secara melimpah di semua sisi bibir kolam. Ciri khas dari kolam renang ini adalah airnya yang terkesan meluap dari kolam.  Kolam dengan sirkulasi over flow memiliki tampilan yang unik karena airnya melebihi batas ketinggian dinding kolam. Selain itu, air kolam tersebut juga memiliki sistem sirkulasi yang bagus sehingga tidak akan menyebabkan dek kolam licin atau banjir. 

Pada tipe kolam over flow, air limpahan kolam akan menuju ke gutter atau semacam selokan untuk dialirkan lagi ke balancing tank kemudian dilanjutkan ke isapan pompa, filter, dan dialirkan kembali ke kolam.

Dilihat dari konstruksi fisik,kolam overflow dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui jenis-jenis kolam tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis kolam renang over flow

2. Infinity Pool

Ini adalah kolam renang yang menawarkan tampilan visual antara langit dan laut. Tingkat air kolam mencapai batas atas dan jatuh secara gravitasi. Air yang jatuh tersebut dialirkan ke tangki balance.

3. Flush atau Zero Edge

Kolam renang ini memiliki tepi rata dengan air yang mencapai batas dinding rata dengan bagian tepi luar. Kolam renang overflow jenis ini dapat diaplikasikan di lahan yang terbatas.

4. Underflow atau Hidden Flow

Kolam underflow sebenarnya adalah revolusi dari kolam over flow. Konsep kolam renang ini adalah menyembunyikan gutter di bawah perimeter kolam.

5. Traditional Overflow

Ini merupakan kolam dengan efek klasik yang dibuat dengan saluran overflow. Pada tipe kolam ini, saluran gutter akan langsung terpotong di tepi kolam atau di lantai.

6. Raised Overflow

Pada jenis kolam renang ini, air kolam keluar dari pinggir kolam ke saluran gutter yang posisinya lebih rendah dari permukaan air sehingga membentuk aliran air di bagian tepi kolam.

7. Sistem Semi Over Flow

Ini merupakan sistem sirkulasi kolam di mana air kolam mengalir melimpah ke sebagian sisi bibir kolam. Pergerakan air kolam tersebut hampir sama dengan sistem over flow yakni air mengalir ke bagian sudut over flow ke saluran drainase kemudian ke balancing tank dan diteruskan ke mesin filter sebelum kembali ke kolam.

8. Kolam Renang Skimmer

Jika dibandingkan dengan 2 jenis kolam lainnya, ini adalah sistem kolam renang yang paling sederhana karena mudah dan tidak perlu  lahan yang luas. Sistem ini hanya menggunakan sebuah lubang dan skimmer

Perlengkapan Untuk Kolam Renang

Pertimbangan penting dalam membangun kolam tidak hanya soal bentuk, panjang, lebar, dan kedalamannya untuk disesuaikan dengan lahan yang ada. Selain merencanakan konstruksi kolam, hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah  menyiapkan perlengkapan untuk kolam tersebut. 

Setiap perlengkapan juga memiliki fungsi yang penting agar kolam dapat berfungsi dengan baik dan juga terlihat bonafid. Biasanya toko-toko yang menjual perlengkapan kolam renang menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk kolam renang. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan penting yang wajib dibeli untuk kolam renang.

  1. Pump Water

Pompa air yang digunakan untuk kolam renang tidak sama dengan pompa air biasa. Fungsi utamanya adalah untuk mendorong air saat proses sirkulasi menuju filter atau penyaringan. Untuk fungsi ini, sebenarnya Anda juga dapat menggunakan pompa biasa yang dimodifikasi. Tetapi agar lebih aman, Anda sebaiknya mencari pompa khusus kolam renang yang lebih ramah lingkungan, proses sirkulasi yang lebih baik, dan tidak mudah berkarat. 

2. Filter Sirkulasi

Sama halnya dengan pompa, filter khusus untuk kolam renang juga dapat diperoleh dari toko olahraga maupun toko yang secara khusus menjual perlengkapan kolam renang. Walaupun dari segi fungsi sama dengan filter pada umumnya, swimming pool filter memiliki desain yang berbeda dan berukuran lebih besar. 

Bahan untuk medianya juga menggunakan gravel dan pasir tetapi ada juga yang hanya menggunakan cartridge. Filter tersebut juga memiliki peranan yang penting karena tanpa alat tersebut, air lebih mudah keruh dan kurang mampu menjernihkan air.

3. Inlet Fitting

Perlengkapan kolam renang yang satu ini berperan sebagai lubang outlet. Air bersih yang tadinya sudah melewati proses penyaringan di filter akan dialirkan ke inlet fitting. Untuk cara kerjanya, air kolam akan dihisap melalui pompa untuk dialirkan ke filter kemudian menuju ke return inlet untuk menuju ke inlet filter atau lubang outlet. Jika Anda hendak membangun kolam di rumah, maka setidaknya perlu 3-4 inlet fitting

4. Vacuum Fitting & Skimmer Box

Kedua perlengkapan ini memiliki fungsi yang sama. Yang membedakan hanya pemasangan dan letaknya. Biasanya vacuum fitting dipasang untuk sirkulasi semi over flow sedangkan skimmer box dipasang untuk kolam dengan sistem skimmer box.

5. Main Drain & Frame Gate

Perlengkapan ini sama-sama berperan sebagai drainase atau lubang saluran air di bawah lantai kolam. Selain untuk lubang pembuangan air, kedua alat tersebut juga berperan sebagai lubang sirkulasi dari bagian bawah menuju ke kolam dan diproses di filter kemudian kembali ke return inlet.

6. Lampu Kolam Renang

Lampu berperan sebagai penerangan untuk air kolam saat malam hari. Keberadaan lampu akan membuat kolam renang terlihat lebih indah,

7. Transformator atau Trafo

Jika Anda menggunakan lampu kolam, maka perlengkapan yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Trafo berfungsi sebagai step down AC dari 220 AC ke 12 Vac. Penggunaan trafo dapat meminimalisir resiko korsleting atau arus pendek sehingga lebih aman,

8. Tangga

Tangga kolam renang merupakan perlengkapan yang fungsional karena digunakan untuk turun ke kolam dan naik kembali setelah usai berenang. Tetapi aksesoris ini juga dapat diganti dengan tangga permanen dari beton yang dibuat bersamaan saat pembangunan kolam oleh jasa kontraktor kolam renang  Jakarta.

9. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner juga menjadi perlengkapan yang wajib dimiliki sebagai salah satu alat untuk perawatan kolam. Dalam satu set vacuum cleaner terdiri dari beberapa alat dengan fungsi masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari vacuum cleaner lengkap dengan fungsinya.

9. Telescopic Handle

Alat yang satu berfungsi sebagai tongkat pegangan yang dihubungkan ke vacuum hose dan vacuum head

10. Vacuum Head

Alat ini berfungsi untuk mengambil atau menyedot kotoran debu dari dasar lantai kolam. Vacum head saat ini telah hadir dalam beberapa pilihan desain seperti vacuum head brush dengan sikat di bagian bawahnya. Vacuum head 4 wheels yang memiliki 4 roda, vacuum head dengan 8 roda, dan ada juga vacuum head yang memiliki roda sekaligus sikat.

9. Vacuum Hose

Ini merupakan selang vacuum dengan bentuk spiral. Selang ini tersambung dengan vacuum fitting dan vacuum head atau skimmer box di kolam renang. Alat ini berperan sebagai penghubung isapan vacuum head dan skimmer box.

10. Pool Brush

Sesuai dengan namanya, ini adalah sikat untuk kolam renang. Pool brush digunakan untuk menyikat lantai kolam setelah proses vacuum dasar kolam. Proses penyikatan ini membuat kolam tidak mudah ditumbuhi lumut.

11. Leaf Skimmer

Leaf skimmer merupakan bagian yang berfungsi untuk mengangkat sampah atau dedaunan yang masuk ke kolam. Leaf skimmer hadir dalam 2 macam desain yaitu leaf skimmer kantong dan leaf skimmer flat.

12. Test Kit

Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar Chlorine dan PH air kolam. Pemakaian test kit membantu mengontrol pemakaian obat kolam. 

Wahana Hiburan Untuk Kolam Renang

Untuk kolam renang komersial dan water park, tentu tidak cukup jika hanya berupa kolam renang saja. Berbagai wahana pendukung juga diperlukan agar kolam renang tersebut semakin memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa wahana yang dapat ditambahkan untuk kolam renang.

  • Kolam Arus

Ini adalah salah satu wahana yang menarik untuk ditambahkan ke kolam renang. Kolam arus menjadi favorit tidak hanya untuk pengunjung anak-anak tetapi juga orang dewasa. Pada wahana air ini, kolam dibuat seperti sungai dan meliuk mengelilingi area kolam renang.

Di kolam arus, pengunjung dapat berenang menghanyutkan diri mengikuti arus yang ada. Kegiatan menarik yang dapat dilakukan di kolam arus adalah menaiki ban baik single atau double kemudian mengikuti arus air.

  • Air Terjun Buatan

Air terjun buatan dapat ditambahkan untuk memberikan kesan yang lebih menarik pada kolam renang. Air terjun tersebut dapat ditambahkan di bagian tepi kolam. Anda juga dapat membuat semacam batu artifisial untuk memberikan kesan yang lebih alami pada air terjun tersebut.

  • Water Slide

Ini merupakan wahana khusus yang cocok untuk Anda yang senang menguji adrenalin. Water slide merupakan seluncuran yang meliuk dari atas. Water slide memiliki ketinggian dan bentuk yang beragam sesuai dengan desain yang diinginkan. Ada yang desainnya langsung meluncur lurus ke bawah atau langsung menuju ke kolam dan ada juga yang berbentuk spiral. Untuk water slide berbentuk spiral, pengguna akan berputar-putar dulu.

  • Kolam Ombak

Ini merupakan tempat di mana pengguna kolam dapat merasakan sensasi digulung ombak di lautan. Kolam ombak ini merupakan wahana yang sangat menarik. Kolam ombak dapat dibuat dengan kedalaman yang berbeda-beda mulai dari 1 meter sampai 3 meter. Ombak di kolam ini tidak selalu ada setiap waktu. Ada jam-jam khusus saat ombak dinyalakan dan permukaan kolam akan langsung bergoyang. Pada kola mini, pengunjung ada yang akan menikmati arus ombak dari tepi kolam dan bisa juga berenang melawan arus.

  • Water Playground

Water Playground menjadi wahana yang banyak diminati oleh anak-anak. Wahana ini dilengkapi dengan berbagai macam mainan seperti rumah, seluncuran, kastil buatan, air mancur, air terjun, futsal air, dan berbagai permainan lainnya. Air di water playground dapat dibuat dangkal sehingga lebih ramah untuk anak-anak. Kedalaman kolam renang ini biasanya sekitar 50 cm – 60 cm sehingga anak-anak yang tidak ingin berenang pun tetap dapat bermain air di kolam.

Water playground menjadi wahana yang wajib untuk sebuah water park karena menjadi  wahana yang seru untuk anak. Contoh water park yang memiliki water playground adalah Ocean Park BSD. Permainan air yang tersedia di sana seperti Splash Town, Jelly Fish, Flying Rope, Steamboat, Giant Mushroom, Shell Slide, Atlantis Castle, dan Fish Place.

  • Baby Pool

Jika water playground ditujukan untuk anak, baby pool dibuat untuk bayi sehingga faktor keamanannya benar-benar diperhatikan. Kedalaman baby pool biasanya hanya sekitar 20 cm sehingga tetap aman bagi bayi untuk bermain air. Baby pool juga sudah dilengkapi dengan beberapa permainan misalnya slide yang tidak terlalu tinggi. Jadi bayi dapat dituntun untuk merasakan serunya berseluncur.

  • Kolam Pantai

Namanya mungkin terdengar cukup unik. Namun kolam yang satu ini memungkinkan penggunanya bersantai layaknya di pantai. Beberapa water park hadir dengan pantai buatan yang lengkap dengan pasir pantai. Biasanya kolam pantai dibuat menyatu dengan permukaan kolam yang makin dalam sehingga memberikan sensasi seperti di pantai sungguhan. Jika Anda penasaran seperti apa kolam pantai itu, contohnya dapat ditemukan di Snowbay, TMII.

  • Ember Tumpah

Sesuai dengan namanya, wahana ember tumpah adalah ember berukuran besar yang dipasang di atas kolam dan diisi oleh air. Ketika air penuh, ember tersebut akan menumpahkan isinya ke kolam. Jadi pengguna kolam dapat merasakan sensasi diguyur air dari ember

  • Pelampung

Ini adalah fitur tambahan yang biasanya tidak berada langsung di kolam. Pelampung menjadi perlengkapan tidak wajib yang dapat Anda sertakan atau tidak. Pelampung dapat digunakan untuk bersantai di kolam atau membantu mereka yang sedang belajar berenang. Ada pelampung yang hanya menggunakan karet dan ada juga pelampung dari bahan plastik. 

Perawatan Kolam Renang

Hal lain yang tidak kalah penting  untuk diperhatikan adalah melakukan perawatan untuk kolam renang. Kolam renang wajib mendapatkan perawatan secara rutin untuk menjaga kualitas air di dalamnya. Dengan perawatan yang memadai, kolam renang akan selalu bersih, nyaman, dan aman digunakan untuk berenang. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan kolam renang yang dapat dilakukan.

  • Mengganti Air Kolam Setiap 2 Minggu Sekali

Untuk menjaga air kolam renang tetap jernih, air kolam setidaknya harus diganti setiap 2 minggu sekali. Beberapa bahan desinfektan yang sering digunakan untuk kolam renang antara lain adalah soda, HCL, tawas, kaporit, atau sejenisnya.

  • Membersihkan Kolam 2 Kali Sehari

Jika kolam dikelilingi dengan pohon atau tanaman yang menyebabkan daun sering rontok ke kolam, sebaiknya bersihkan kolam dua kali sehari. Bersihkan daun-daun yang masuk ke kolam menggunakan alat penyaring manual.

  • Menanam Pohon di Sekitar Kolam

Kolam renang sangat mudah ditumbuhi oleh alga. Alga yang berkembangbiak di kolam dapat menyebabkan air kolam menjadi berwarna kehijauan. Salah satu cara yang paling mudah untuk meminimalisir pertumbuhan alga adalah dengan menanam pohon di sekitar kolam. Jadi permukaan kolam tidak terkena sinar matahari langsung.

Adanya pepohonan di sekitar kolam mampu memberikan oksigen di siang hari yang dapat menekan pertumbuhan alga. Tidak hanya itu saja, rerimbunan di sekitar kolam juga menyebabkan area di sekitar kolam menjadi lebih teduh di siang hari.

  • Membersihkan Kerak di Dinding Kolam

Saat menguras kolam renang dan mengganti airnya, pastikan untuk menyikat bagian dasar dan samping kolam untuk menghilangkah semua kerak-keraknya. Sikat secara merata agar dasar kolam menjadi bersih dan mengkilat. Supaya kotoran di kolam lebih mudah hilang, gunakan karbol pembersih lantai atau kamar mandi. Setelah menyikatnya, bilas sampai bersih. Jika sudah bersih, kolam dapat diisi lagi. Kolam yang rajin disikat membuat kotoran tidak mudah menebal yang menyebabkan kerak menghitam di samping atau dasar kolam.

  • Menggunakan Filter Air

Agar proses perawatan kolam lebih praktis, filter air menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Filter air berperan penting untuk meningkatkan kualitas air. Filter berfungsi untuk memisahkan kotoran dari air kolam renang. Hasilnya, kolam pun lebih nyaman digunakan.

Kunci utama dari perawatan kolam renang adalah melakukannya secara teratur. Selain itu, agar kolam tetap bersih dalam waktu yang lama, sebaiknya pengguna kolam renang diwajibkan untuk mengenakan pakaian renang, bukan pakaian biasa. Pakaian renang selain lebih ringan juga membawa kotoran yang lebih sedikit ke kolam renang.

Jasa kontraktor kolam renang Jakarta siap memberikan layanan bagi Anda yang ingin membuat kolam renang mulai dari proses perencanaan, pembuatan desain, rencana anggaran, proses pembangunan, perlengkapan, hingga perawatan kolam. Dengan pengalaman membangun berbagai tipe kolam renang, Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas dari jasa kontraktor tersebut. 

Agar lebih yakin, Anda dapat berkonsultasi lebih dulu dengan jasa kontraktor tersebut dan melihat portofolio kolam renang yang sudah dibuat. Jasa kontraktor kolam renang Jakarta siap membantu Anda mewujudkan kolam renang impian baik untuk keperluan pribadi maupun komersial sesuai dengan standar dan budget yang dimiliki.

Bagikan informasi tentang Jasa Kontraktor Kolam Renang Jakarta kepada teman atau kerabat Anda.

Jasa Kontraktor Kolam Renang Jakarta | Saktipool Kontraktor Kolam Renang | Kontraktor Kolam Renang

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan